Header Ads

Tips Keuangan Hindari Kebanyakan Belanja Online


Kabar Update - Pandemi COVID-19 membuat banyak orang harus bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Tidak menutup kemungkinan, saat WFH kita tergoda untuk selalu belanja online. 

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho, mengatakan bahwa belanja online memang jadi pilihan baik karena bisa mengurangi kontak fisik untuk mencegah penularan virus corona. Apalagi, marketplace banyak memberikan diskon atau penawaran menarik. 

Namun, jangan sampai belanja online membuat kita semakin boros. Sehingga barang-barang yang dibeli harus sesuai dengan kebutuhan. 

“Maka agar anggaran tidak jebol karena belanja online, pastikan yang kita beli merupakan kebutuhan sehari-hari, atau memang sangat kita butuhkan dan urgent untuk dimiliki,” kata Andy saat dihubungi ovo99sports, Kamis (17/9). 

Andy juga menyarankan ongkos kirim (ongkir) harus diperhatikan. Jangan sampai hanya karena mengejar harga murah tapi malah justru boros di biaya pengirimannya. Budget belanja dalam kondisi saat ini juga harus dipikirkan baik-baik. 

“Kita harus lebih disiplin dalam menjalankan budget belanja, karena dengan kita lebih banyak di rumah dan lebih banyak berinteraksi dengan gadget maka akan semakin mudah tergoda untuk belanja yang kurang diperlukan,” ujar Andy. 

Baca Juga Peluang Menang Main Slots Online Ovo99sports

Andy menegaskan pentingnya mengontrol diri. Ia mengakui banyak yang tidak bisa menjaga keinginan melihat barang-barang yang dijual secara online. Padahal barang tersebut belum terlalu dibutuhkan. 

Untuk mencegah uang cepat habis, Andy menuturkan harus memisahkan budget dana untuk belanja dan yang dianggarkan untuk kebutuhan lain. Keduanya harus diperhatikan secara maksimal sehingga kita tidak boros karena tergoda belanja online untuk barang yang tidak diperlukan. 

“Untuk budget kebutuhan lain taruh di rekening bank yang tidak diaktifkan mobile atau sms atau internet bankingnya. Sehingga kita tidak bisa mengakses isinya untuk berbelanja online. Selain itu singkirkan kartu kredit dari dekat kita juga,” terang Andy.