Header Ads

Pengamat Heran Harga BBM Tak Turun Meski Harga Minyak Dunia Anjlok


Kabar Update - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang tidak langsung turun mengikuti harga minyak dunia yang tengah anjlok jadi pertanyaan besar di masyarakat.

Karena itu, pemerintah harus menjelaskan kepada publik terkait dengan anjloknya harga minyak dunia yang menyentuh level di bawah 0 dolar Amerika Serikat (AS) namun tidak diikuti oleh turunnya harga BBM di Indonesia.

Demikian disampaikan pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (21/4).

"Pemerintah perlu jelaskan ke publik. Kenapa BBM kita tak turun di saat minyak dunia turun. Kalau BBM naik biasanya argumennya selalu karena minyak dunia naik," ujar Adi Prayitno.

Info Selengkapnya KLIK DISINI

Sekadar informasi, harga minyak acuan AS West Texas Intermediate (WTI) anjlok ke level negatif atau berada di bawah 0 dollar AS per barrel per Senin (20/4).

Mengutip Financial Times, Selasa (21/4), harga minyak acuan WTI untuk pengiriman Mei 2020 sempat anjlok 250 persen ke level -40,32 dolar AS per barrel.

Atas dasar itu, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini menilai pemerintah harus menurunkan harga BBM di tengah pandemik Covid-19 seperti saat ini. Sebab, ketika harga BBM turun bisa meringankan beban masyarakat.

Info Selengkapnya KLIK DISINI

"Mestinya diturunkan. Karna alasan pandemik dan tentu karena minyak dunia turun. Ini yang juga menjadi pertanyaan publik," demikian Adi Prayitno.